HEADER Iklan tEST

Presiden Korsel akan Diperiksa

Penyelidik Korea Selatan berencana memeriksa Presiden Park Geun-hye mengenai perannya dalam skandal korupsi politik dan pembocoran rahasia negara yang melibatkan kerabat dekatnya.

Kantor berita Korsel, Yonhap memberitakan, rencana pemeriksaan ini menjadi pertama kali dalam sejarah Korsel.

CNN melaporkan, lokasi dan pertanyaan yang akan ditujukan pada Presiden Park belum diputuskan karena penyelidik masih menunggu respons dari istana kepresiden Korsel.

Di awal November lalu, Park menyatakan akan bertindak koperatif untuk membantu penyelidikan yang tengah dilakukan.

Sebelumnya, Park sudah mengaku dan membenarkan bahwa dirinya telah membocorkan beberapa dokumen negara kepada salah satu kerabatnya, Choi Soon-sil, yang bukan pejabat publik di Korsel.

Dalam permintaan maaf resminya, Park menyatakan Choi melihat "beberapa dokumen negara" dalam jangka waktu tertentu setelah dirinya menjabat sebagai presiden pada 2012 lalu.

Sementara itu, Choi dituding memanfaatkan kedekatannya dengan Park untuk memberi tekanan pada chaebol, sebutan bagi konglomerat Korsel, untuk mengalirkan dana jutaan dolar pada dua yayasannya.

Choi sendiri sudah ditahan dengan dakwaan telah melanggar penyalahgunan kekuasaan dan percobaan penipuan.

Akibat skandal pembocoran rahasia negara itu, ratusan ribu warga Korsel turun ke jalan hari Sabtu untuk mendesak Park mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan.

Aksi protes ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan dalam seminggu terakhir, yang menyebabkan reputasi dan popularitas politik Park anjlok.

Posting Komentar

0 Komentar