HEADER Iklan tEST

Trump Terpilih, Tuntutan California Merdeka Semakin Kencang

As - Para aktivis politik di California, Amerika Serikat memprotes kemenangan Donald Trump, kandidat capres dari Republik dan menuntut pemisahan diri negara bagian itu dari Amerika.

Stasiun televisi Sky News (10/11) melaporkan, para aktivis politik di California, Amerika mengajak warga negara bagian itu untuk turun ke jalan menggelar protes atas kemenangan Trump dalam aksi bertema "Calexit".

Seruan untuk menghadiri Calexit tersebar luas di media-media sosial Amerika, dan para penggagas aksi meminta warga California untuk berkumpul di Sacramento, pusat negara bagian itu.

Para anggota gerakan pemisahan diri California dari Amerika menuntut dilaksanakannya referendum di kota-kota negara bagian itu pada tahun 2019 dan jika hasilnya positif, California akan menjadi negara merdeka.

Menyusul kemenangan Trump dalam pilpres terbaru Amerika, warga California menggelar aksi protes di seluruh wilayah dan berujung dengan kekerasan.

California dalam sejarah Amerika merupakan salah satu markas terpenting Partai Demokrat.

Donald Trump dalam pemilu presiden ke-58 Amerika yang digelar serentak Selasa (8/11) berhasil meraih 289 poin electoral votes, mengungguli rival terdekatnya Hillary Clinton dari Demokrat dan menjadi presiden ke-45 negara itu.

Posting Komentar

0 Komentar