HEADER Iklan tEST

50 Ribu Rupiah Diamankan, 2 Honorer Dishub Kutai Barat kena OTT Pungli

KALTIM, Radar Bharindo - Tim saber pungli gabungan Polda Kalimantan Timur dan Polres Kutai Barat, menangkap dua honorer Dinas Perhubungan Kutai Barat, lantaran diduga melakukan pungutan liar Rp 50 ribu, terhadap motoris speedboat di pelabuhan Tering, Kutai Barat. Keduanya kini meringkuk di sel tahanan Polres Kutai Barat.

Keterangan diperoleh, dua honorer itu diciduk di pelabuhan, Senin (16/1) malam. Tidak ada perlawanan, lantaran keduanya tertangkap basah melakukan pungli.

"Jadi ini berdasarkan laporan masyarakat, yang sudah resah dengan pungutan itu. Akhirnya tim bergerak, melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Ade Yaya Suryana saat dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (17/1) petang.

Dalam aksinya, kedua honorer; satunya seorang wanita, memungut Rp 50 ribu kepada motoris sekali jalan meninggalkan Dermaga Tering. Padahal tarif resmi yang ditetapkan pemerintah hanya Rp 5 ribu.

"Selisih dari tarif resmi itu, yang mereka nikmati, mereka bagi-bagikan. Jadi dua orang honorer ini, satu bertugas memungut, satu lainnya seorang honorer wanita menerima pungutan itu," ujar Ade.

"Kasus ini terus dikembangkan tim Saber, karena ada target lain yang masih diselidiki tim. Yang jelas, tim Saber terus bergerak, dan di Kutai Barat ini adalah kasus keempat yang berhasil diungkap. Sebelumnya, ada di Balikpapan, Samarinda dan Kutai Timur," tambah Ade.

Ade menegaskan, tim saber Pungli yang dibentuk 28 Oktober 2016, bukan sekadar formalitas. Kinerja tim saber, terus diawasi dalam evaluasi tiap 3 bulan, yang dilakukan Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

"Dua orang honorer itu ditahan di Polres Kutai Barat, karena ini tim gabungan saber pungli Polda dan Polres. Yang jelas bahwa kinerja tim saber ini dievaluasi tiap 3 bulan sekali ya," demikian Ade. (Red)


Sumber : Merdeka

Posting Komentar

0 Komentar