HEADER Iklan tEST

Nasib RS.Bayukarta Makin Terjepit

Karawang,Radar Bharindo - Nasib RS Bayukarta makin terjepit pasca dilaporkan LSM Kompak ke Komisi D DPRD Karawang, BPJS Karawang dan Dinkes Karawang lantaran dituding telah menolak pasien BPJS beberapa waktu lalu.

Pasalnya, Komisi D DPRD Karawang telah mempersiapkan surat rekomendasi untuk memberikan sanksi tegas ke pemkab Karawang. Begitu juga Dinkes Karawang dan BPJS Kesehatan Karawang sedang melakukan investigasi terkait kasus tersebut.

“Sesuai intruksi Kepala Dinkes Karwang, kami sedang investigasi RS Bayukarta terkait kasus dugaan penolakan pasien BPJS,” ucap Ketua Tim Investigasi Dinkes Karawang yang juga Sekretaris Dinkes Karawang, Nurdin Hidayat, Senin (16/1).

Nurdin mengakui, pasca pihaknya hearing dengan Komisi D DPRD Karawang beberapa waktu lalu Timnya langsung melakukan investigasi mencari data dan fakta kebenaran RS Bayukarta Karawang telah melakukan penolakan pasien BPJS. Untuk kesimpulan sementara RS Bayukarta mengakui kasus tersebut.

“Ya kesimpulan sementara kami temukan data kasus tersebut,” ujarnya.
Menurut Nurdin, bila memang terbukti secara meyakinkan RS Bayukarta telah melakukan kesalahan tersebut, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas. Namun Nurdin tidak memberikan kejelasan sanksi tegas seperti apa yang akan diberikan pihaknya kepada RS Bayukarta.

“Yang jelas kami akan memberikan sanksi tegas bila kesalahan itu terbukti jelas,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Karawang, Muhamad Solih, mengatakan, pihaknya juga sedang melakukan investigasi atas apa yang sudah dilakukan RS Bayukarta terhadap pasien BPJS. Bila apa yang ditudingkan LSM Kompak terbukti maka pihaknya pun akan melakukan tindakan tegas kepada RS Bayukarta.

“Tindakan apa yang akan kami berikan masih menjadi pertimbangan. Kami harus hati-hati jangan sampai tindakan yang kami ambil menimbulkan masalah baru,” ucapnya.

Di tempat yang sama Ketua LSM Kompak, Ahmad Mukron, usai menyambangi Dinkes Karawang dan kantor BPJS Kesehatan Karawang, mengatakan, pihaknya akan mendorong instansi terkait untuk tidak segan-segan memberikan sanksi tegas kepada RS Bayukarta lantaran telah melakukan penolakan pasien BPJS. Hal itu dilakukan agar rumah sakit lainnya tidak berani melakukan  hal yang sama seperti apa yang sudah dilakukan RS Bayukarta terhadap pasien BPJS “Bahkan saya meminta supaya RS Bayukarta dicabut saja izinnya,” pungkasnya.(Latif)

Posting Komentar

0 Komentar