HEADER Iklan tEST

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo “Siap Menghadapi Organisasi Masyarakat (Ormas) Radikal”

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di sela pelaksanaan Rapat Pimpinan TNI 2017
Jakarta, Radar Bharindo - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan institusinya siap menghadapi gerakan organisasi masyarakat (ormas) yang radikal dan bertentangan dengan ideologi Pancasila. Hal itu disampaikannya di sela pelaksanaan Rapat Pimpinan TNI 2017 hari kedua.

"Kalau ada ormas yang bertentangan dengan Pancasila, tujuan akhirnya pasti mengubah Pancasila, itu yang berbahaya," kata Gatot di Cilangkap, Jakarta, dalam rilis Pusat Penerangan Mabes TNI, Selasa, 17 Januari 2017.

Menurutnya, sudah tak ada semangat dan cita-cita reformasi pada ormas yang gerakannya berlawanan dengan lima pedoman Negara Kesatuan RI itu.


Jenderal bintang empat itu menyebut pola pikir masyarakat mulai berubah, karena terpengaruh perang opini di media sosial. "Masyarakat pelan-pelan mindset-nya berubah, padahal budaya Indonesia adalah santun dan damai."

Peran TNI, ujarnya, adalah menciptakan suasana kondusif demi berlangsungnya pemerintahan yang sah. Gatot pun menegaskan lagi komitmen TNI menghadapi ormas non Pancasila dan radikalisme, yang berpotensi mengganggu pembangunan nasional.

“Pada rapim (TNI) ini sejumlah kementerian ikut memberi pengarahan dan petunjuk, sehingga TNI dapat membantu program pemerintah di pusat maupun di daerah,” ujarnya. (Red)



Sumber : Tempo

Posting Komentar

0 Komentar