HEADER Iklan tEST

Pilot Gadungan Terbangkan Pesawat !!!, Ini Kata Garuda Indonesia Garuda Indonesia dan Otoritas Bandara (Otban)

Jakarta,Radar Bharindo - Linimasa dihebohkan kabar seorang pilot gadungan mampu menerbangkan pesawat dari Jakarta ke Banjarmasin. Pilot gadungan itu pun selfie di kokpit.

Namun, Garuda Indonesia dan Otoritas Bandara (Otban) membantah kabar tersebut. Mereka beralasan hanya pilot resmi maskapai tersebut lah yang bisa masuk area kokpit.

Pejabat Humas Garuda Indonesia Benny Butarbutar langsung mengklarifikasi saat ditemui di Mapolsek Kelapa Dua Kabupaten Tangerang.

"Tidak benar bila ada orang lain selain pilot resmi Garuda Indonesia yang bisa masuk area kokpit," ujar Benny, Tangerang, Sabtu (7/1/2017).

Tak hanya itu saja, untuk bisa masuk apalagi sampai menerbangkan pesawat, banyak prosedur yang harus dilalui seorang pilot resmi. Menurut Benny, itu adalah prosedur yang sangat sulit untuk dilalui sembarang pilot, apalagi bagi orang awam.

"Mulai dari proses kedatangan, itu harus mengurus administrasi. Lalu melalui breafing kru dan breafing penerbangan," kata Benny.

Lalu, untuk masuk ke dalam kokpit sendiri akan ada kata sandi dan ID yang hanya dimiliki oleh pilot yang akan menerbangkan pesawat saat itu juga.

Sehingga, sangat mustahil bila pilot gadungan bisa masuk area kokpit dan menerbangkan pesawat dari Jakarta menuju Banjarmasin. "Kecuali dia sebagai penumpang, itu pun terjadi beberapa tahun silam," kata Benny.

Menurut dia, foto selfie dalam kokpit yang selama ini beredar diambil di area kokpit simulator pesawat di Gandaria City. Dengan bisa membayar sesuai tarif simulator, siapapun bisa masuk dan mengambil gambar.

"Itu keterangan dari tersangka ya, kami mendapatkan dari kepolisian," ujar Benny. (L8,BK)

Posting Komentar

0 Komentar