HEADER Iklan tEST

Prodi Farmasi Optimis Raih Nilai Optimal di Akreditasi

Tim Dosen Prodi Farmasi Sedang Mempersiapkan Akreditasi
Radar Bharindo, Karawang - Dengan optimisme yang tinggi Program Studi  Farmasi Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang siap menyongsong Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri  Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes)  Prof. Gemini Alam dan Prof. Indrajati Kohar. Bahkan, diharapkan nilai yang diraih dalam akreditasi tersebut adalah nilai seoptimal mungkin yang berbanding lurus dengan apa yang sudah mereka siapkan.

“Ya kami berharap dapat nilai Akreditasi B atau paling tidak sebanding dengan apa yang sudah kami kerjakan,” ucap Kepala Program Studi (Kaprodi) Farmasi UBP Karawang, Neni Sri Gunarti, M.Si., kepada media, Jumat (27/1).

Neni menuturkan, untuk mendapatkan nilai yang optimal itu pihaknya sudah mempersiapkan segala hal yang mendukung untuk memperoleh hasil akreditasi B, yakni mengisi lengkap buku boring Prodi Farmasi, memiliki empat laboratorium farmasi yang sesuai dengan sfesikasi yang dibutuhkan untuk praktikum mahasiswa, diantaranya Laboratorium Kimia farmasi dan Kimia dasar dan Laboratorium Mikrobiologi dan Teknologi Farmasi.

“Dari sisi mahasiswa juga, sudah kami libatkan dalam berbagai event dan kegiatan praktikum karena instrument penilaian mahasiswa juga bagian yang penting,”

Menurut Neni, Kalau fakultas-fakultas lain diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), kali ini Fakultas Farmasi diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes). Begitu juga dengan Fakultas Kedokteran nantinya juga akan diakreditasi oleh LAM-PTKes.

Sebenarnya sudah sejak 2014 lalu Fakultas Farmasi diakreditasi oleh LAM-PTKes, namun saat itu juga masih bekerja sama dengan BAN PT. “LAM-PTKes adalah lembaga akreditasi mandiri yang bukan milik pemerintah.
Saat ini LAM-PTKes terdiri atas Organisasi Profesi dan Asosiasi Instritusi Pendidikan dari 7 bidang ilmu kesehatan, yaitu antara lain, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, dan Gizi,” jelasnya.

Neni juga menjelaskan, visi program studi Farmasi UBP Karawang adalah menjadi Prodi Farmasi yang kompetitif dan berwawasan internasional  tahun 2029.

Untuk mencapai visi itu, Prodi Farmasi menyelenggarakan pendidikan di bidang Farmasi  yang menguasai kompetensi PTEK, memiliki keterampilan kerja, jatidiri, kepribadian bangsa, nilai-nilai kejuangan dan berwawasan internasional.

“Juga melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang farmasi secara aktif dan kompetitif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Ltf,Red)

Posting Komentar

0 Komentar