HEADER Iklan tEST

Video Curhat TKW yang Viral di Sosmed Telah Ditangani KBRI Oman

TKW tersebut bernama Aciah binti Alih
Radar Bharindo - KBRI di Muscat,Oman telah melindungi TKW yang menjadi video viral di media sosial Facebook, Youtube dan Instagram. TKW itu merekam curahan hati telah mendapat tindak kekerasan, kemudian diunggah ke akun facebook bernama "Elisa Poetre Karawang".
KBRI menyampaikan informasi bahwa yang mengunggah video tersebut adalah seorang TKI yang bekerja sebagai pekerja domestik (penata laksana rumah tangga) di Oman, demikian Pensosbud KBRI Muscat, Virgino Rikaryanto, Jumat (20/1/2017), seperti dilaporkan Antara.

KBRI telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan sejak menerima video pengaduan tersebut yang masuk ke akun Facebook KBRI.
Disebutkan nama asli pengunggah video tersebut adalah Aciah binti Alih, yang memang tercatat bekerja pada keluarga warga negara Oman di kota Salalah (sekitar 1000 km dari Muscat).
Selama berada di Oman, Aciah sudah dua kali berganti majikan.
Pada tanggal 18 Januari, KBRI Muscat melakukan pertemuan dengan majikan Aciah di Muscat dan memperoleh informasi bahwa Aciah telah bekerja pada keluarga di Salalah tersebut selama dua tahun.
Aciah merupakan salah satu dari tiga orang TKI asal Indonesia yang bekerja pada keluarga Oman tersebut. Majikan Aciah sangat kooperatif dan telah menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya.
KBRI Muscat telah memastikan bahwa Aciah alias Elisa tidak akan mengalami kekerasan fisik dan hak-haknya sebagai pekerja domestik senantiasa terlindungi.
Sebagai tindakan lebih lanjut, pada tanggal 19 Januari, KBRI Muscat telah mengirimkan seorang pejabat konsuler ke kota Salalah untuk memastikan bahwa majikan mematuhi kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak KBRI dan untuk melihat secara langsung kondisi fisik Aciah.
Saat ditemui KBRI bersama majikan, kondisi Aciah dalam keadaan baik. KBRI juga telah memfasilitasi pemenuhan hak-hak Aciah. Dalam waktu dekat, Aciah akan dipulangkan ke Tanah Air atas biaya majikan.
KBRI Muscat sebagai Perwakilan RI di Kesultanan Oman memiliki komitmen tinggi untuk melakukan perlindungan terhadap setiap warga negara Indonesia yang merupakan amanat UUD 1945. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar