HEADER Iklan tEST

Bijak & Teliti Sikapi Medsos, Bisa Terhindar Dari Perselisihan Dan Jeratan Hukum

Ilustrasi Tatib Hukum Penggunaan Media Sosial
Radar Bharindo,
Masyarakat dituntut untuk dapat  menyikapi dan bersikap dengan bijak menghadapi perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, khususnya dalam penggunaan berbagai macam Media Sosial.

Karena akibat  kurang tepat dan tidak hati-hati dalam menyikapi penggunaan Media Sosial  tersebut, tidak menutup kemungkinan bisa merugi dan merugikan orang lain baik moril maupun materil, bahkan bisa jadi sampai berurusan dengan pihak Kepolisian.

“Diyakini jika banyak masyarakat yang melakukan interaksi dalam media sosial, dan disana pun banyak informasi yang masuk tanpa diketahui benar dan tidaknya. Permasalahan yang terjadi, saat informasi itu didapatkan tidak jarang kemudian ditanggapi dan  disebarkan tanpa dicek dulu kebenarannya, apakah lewat facebook, twitter, BBM, Whatsapp, atau media lainnya.

Informasi yang belum jelas kebenarannya tidak jarang kemudian ujungnya adalah caci maki, penghasutan, hingga propaganda lainnya yang dapat menimbulkan perpecahan.

“Contoh kasus yang terjadi di beberapa daerah, karena hanya melihat teks tanpa memahami konteksnya kemudian banyak terjadi gunjingan-gunjingan, penghinaan, dan lainnya sehingga kemudian harus diselesaikan dengan adu pisik bahkan sampaio di meja hijau.

Dengan permasalahan tersebut diharapkan ada sisi yang harus di ingat dimana Media Sosial tidak hanya digunakan oleh orang dewasa saja, namun juga tidak sedikit oleh anak-anak sekolah. Jika kemudian mereka yang masih usia pelajar mendapatkan pendidikan yang kurang baik selama melakukan aktifitas di media sosial, maka hal tersebut akan memberikan dampak negatif baginya dikemudian hari.

“Orang dewasa yang melakukan aktifitas di dunia maya harus mengingat itu, dan peran orang tua dan guru juga disini harus berperan agar anak didiknya tidak menjadi generasi penghujat di dunia maya,”pesannya.

Media Sosial juga tidak digunakan sebagai sarana memprovokasi atau penghasutan dan tindak pidana lainnya, jika tetap nekat maka proses hukum menanti. “Jadi menggunakan Media Sosial itu tidak boleh semaunya, tapi harus sesuai dengan aturan karena ada ketentuan hukumnya. ( Red )


Tips Menggunakan Medsos agar Terhindar dari Risiko Hukum :

1. Pahami regulasi yang ada.
2. Tegakan etika ber-media sosial..
3. Cek terlebih dahulu kebenaran informasi yang akan dibagikan (share) ke publik.
4. Lebih berhati-hati bila ingin memposting hal-hal atau data yang bersifat pribadi.
5. Belajar dari penyedia jasa, seperti google untuk menjalani peran menjadi intermediary liability.


Makalah dari Berbagai Sumber

Posting Komentar

0 Komentar