HEADER Iklan tEST

China Akan Tempatkan Kapal Induk Kedua di Wilayah Sengketa LCS

Kapal induk China Liaoning. (Foto: Reuters)
Radar Bharindo, Beijing  Kapal induk militer China yang akan datang, Shandong, diperkirakan akan ditempatkan di dekat wilayah sengketa di Laut China Selatan. Media China melaporkan, Shandong akan digunakan untuk meningkatkan kapabilitas dan kesiagaan militer China untuk merespons situasi rumit apa pun yang terjadi di wilayah sengketa.

South China Morning Post menyebutkan, laporan tersebut dibuat berdasarkan informasi yang saat ini tersedia dan kepastian markas yang menjadi pangkalan Shandong di masa mendatang masih belum jelas.Shandong akan menjadi kapal induk kedua milik Negeri Tirai Bambu menemani Liaoning yang saat ini ditempatkan di Qingdao untuk mengawasi Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Berbeda dengan Liaoning yang dibeli dari Ukraina pada 1998, Shandong merupakan kapal induk pertama yang dibuat di China. Russia Today, Kamis (2/2/2017) menyebut nama Shandong yang digunakan masih tentatif dan ada beberapa nama lain yang dipertimbangkan untuk menamai kapal induk tersebut.

Kementerian Pertahanan China telah mengonfirmasi pembuatan kapal induk keduanya pada Desember 2015. Namun, sampai saat ini belum ada keterangan yang jelas mengenai waktu peluncurannya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar