HEADER Iklan tEST

Kadisnaker !!! Program Magang, Solusi Tenaga Kerja Kurang Kompeten

Kadisnakertras Karawang H. A Suroto
Radar Bharindo, Karawang - Kepala Disnakertrans Ahmad Suroto mengatakan, program pemagangan merupakan solusi mengatasi minimnya calon tenaga kerja yang berkompeten di Karawang. Sehingga, perlu adanya pembekalan sebelum terjun ke industri.

"Jadi dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi, keterampilan dan kemampuan yang selama ini kesannya pencari kerja di Karawang kurang begitu kompeten," kata Suroto, Kamis (2/3).

Suroto menjelaskan dalam program pemagangan ini, para peserta akan mendapat pelatihan selama 6 bulan hingga 1 tahun. Nantinya setelah magang, mereka akan mendapatkan sertifikat dari setiap perusahaan yang mereka tempati.

"Setelah mendapat sertifikat, dilakukan uji kompetensi yang dilakukan oleh BNSP. Untuk melihat kompetensi dia apa nanti, misalnya painting berarti ahli ngecet. Nanti perusahaan itu bisa merekrut mereka sesuai dimana dia magang," jelas dia.

Suroto melanjutkan, berdasarkan Peraturan Kementerian Ketenagakerjaan no 36 tahun 2016, peserta magang tidak diperbolehkan lembur. Sehingga, beban pekerjaan yang dilakukan mereka berbeda dengan pekerja pada umumnya.

"(magang ikut lembur) Itu mungkin pemagangan yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Imej selama ini dianggap menjadikan alat untuk memeras saja itu tidak ada di tahun ini," ungkap dia.

Suroto menuturkan dalam program pemagangan ini terdiri dari 30 persen teori dan 70 persen praktik. Di antaranya melatih soft skill, pengenalan medan pekerjaan, membentuk karakter serta fisik, mental dan kedisiplinan.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk menggembleng mental, fisik dan kedisiplinan calon tenaga kerja ini, pihaknya akan menggandeng TNI dan Polri. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter pekerja yang bekerja keras.

"Mental disiplin ini untuk menanamkan karakter mental bahwa yang namanya bekerja itu tidak boleh lagi dalam bekerja asal-asalan. Untuk melatihnya itu melibatkan unsur Polri dan TNI karena mereka punya kualifikasi di situ," pungkas Suroto. (Red)


Sumber: K12

Posting Komentar

0 Komentar