HEADER Iklan tEST

Korut Tangkap Dosen Asal AS, Dibenarkan Universitas Korut


Radar Bharindo, Pyongyang – Universitas di Korea Utara (Korut) membenarkan kabar penangkapan seorang dosen asal Amerika Serikat (AS). Penangkapan sang dosen menjadikannya sebagai warga AS ketiga yang ditangkap otoritas keamanan Korut.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa (25/4/2017) Kim Sang Duk yang juga dikenal dengan nama Tony Kim, ditangkap pada Sabtu lalu. Pyongyang University of Science and Technology (PUST) mengungkapkan,Kim ditangkap usai ia mengajar selama beberapa pekan di kampus mereka.

Melalui pernyataannya, PUST mengklaim bawah penyebab penangkapan Kim masih belum diketahui namun tidak memiliki hubungan dengan aktivitasnya di universitas tersebut.
“Kami tidak bisa berkomentar mengenai apa pun yang kim diduga lakukan yang tidak berkaitan dengan pekerjaannya (sebagai) pengajar dan bukan di kampus PUST,” ujar pihak PUST.

Sekadar informasi, PUST merupakan universitas di Pyongyang yang dibiayai oleh evangelis yang berasal dari luar Korut. Universitas tersebut dibuka pada 2010 dan di sana terdapat sejumlah warga AS yang bekerja. Para mahasiswa di sana dilaporkan rata-rata berasal dari keluarga kaum elit Korut.

AFP mewartakan, karena AS-Korut tidak memiliki hubungan diplomatik sehingga urusan yang berhubungan dengan warga Negeri Paman Sam di sana diambil alih oleh Kedutaan Besar Swedia. Saat ini Kedutaan Besar Swedia disebut masih terus berdialog dengan otoritas Korut terkait penangkapan Tony Kim.


Selain Kim, masih ada dua warga negara AS lainnya yang saat ini berada di tahanan Korut. Otto Warmbier dijatuhi hukuman penjara selama 15 tahun karena mencuri poster propaganda Korut sedangkan pastur Kim Dong Chul dijatuhi hukuman kerja paksa selama 10 tahun karena diduga menjadi mata-mata. (oz,Red)

Posting Komentar

0 Komentar