HEADER Iklan tEST

Antisipasi Tahanan Kabur, Lapas Karawang Diperketat

Lapas Kelas IIA Karawang (Photo K.B)
Radar Bharindo – Peritiwa kaburnya tahanan di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu, menjadikan pelajaran yang sangat berharga. Untuk mengantisipasi kaburnya para warga binaan di Lapas Kelas IIA Karawang, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas IIA Karawang meningkatkan pengawasan dan pengamanan di lingkungan lapas.

"Kami terus tingkatkan kewaspadaan, terutama di pintu masuk utama kontrol pintu-pintu,"kata Kalapas Karawang Zaenal Arifin melui, KPLP Lapas Karawang, Kurnia, di ruang kerjanya, Kamis (11/5).

Tak hanya itu, jumlah regu pengaman dan petugas jaga yang masih belum ideal juga ditambah. Staf di lapas pun ditugaskan untuk piket sehingga ada petugas jaga dan pengaman yang bertugas selama 24 jam secara bergantian.

Selain itu kata Kurnia, untuk membantu pengawasan, Lapas Karawang juga sudah dilengkapi dengan kamera CCTV yang dipasang di sejumlah titik rawan. Seperti di pintu masuk, tembok pembatas dan sudut-sudut pagar lapas.

"Kita terus tingkatkan untuk penggeledahan kepada setiap tamu yang mau masuk dan keluar lapas. Hal itu dimaksud untuk menghindari berbagai kejadian yang tak diinginkan, " ungkapnya.

Sementara itu untuk mengatasi hal-hal yang tak diinginkan seperti terjadinya kerawanan dan gesekan antar warga binaan yang menghuni lapas kelas IIA Karawang. Pihaknya terus meningkatkan pembinaan kepada para warga binaan. Pembinaan yang dilakukan terutama dalam bidang agama, mental dan kegiatan olah raga.
Disamping memberikan pelatihan keterampilan kepada para warga binaan, seperti beternak lele, dan keterampilan lainnya.

Pihaknya berharap, bagi para warga binaan bisa memiliki bekat keterampilan untuk melanjutkan hidup setelah nanti bebas dari dalam lapas.


"Kami juga selalu mengajak warga binaan untuk bersama-sama menjaga kondusivitas daerah," pungkasnya. (KB,Red)

Posting Komentar

0 Komentar