HEADER Iklan tEST

505 Milyar Lebih, Dana Peruntukan Desa Sekabupaten Karawang.

Ilustrasi Dana Desa (RBI)
Radar Bharindo,Karawang ~ Kepala Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Karawang Ade Sudiana menyampaikan, untuk tahun 2017 jumlah bantuan untuk seluruh desa di Karawang yang berasal pusat, provinsi dan kabupaten mencapai 505 milyaran lebih. Bantuan tersebut diterima oleh 297 Desa dengan jumlah berbeda, jelasnya,(8/8/2017).

Ade menjelaskan,dari jumlah total 505 milyar itu sebanyak 255 milyar bersumber dari Dana Desa dengan rincian yang diterima berbeda dan diturunkan dua tahap yakni 60% untuk infrastruktur dan sisa 40% dengan macam peruntukan tata kelola pemerintahan, Bumdes bersama dan Bumdes serta lainnya.

Ia mencontohkan Dana Desa terbesar didapatkan oleh Desa Rengasdengklok Selatan,Kecamatan Rengasdengklok, yang mencapai besaran satu milyar rupiah lebih dan terendah diterima  Desa Ciptasari Kecamatan Pangkalan,dengan jumlah sekitar empat ratus jutaan rupiah.

Awasi Penggunaan Dana Desa (Gb.Idea RBI)
Lebih jauh Ade menjelaskan pula,untuk 40% tahap dua Dana Desa setiap Desa diperuntukan  program unggulan berupa Bumdes dan Bumdes bersama sebesar 15 persen, lalu produk unggulan, pembuatan penampungan air dan sarana olahraga desa. Namun untuk pembuatan embung atau penampungan air khusus di Karawang akan dijalankan tahun depan, jelas Kepala Kantor BPMPD Karawang .

Saat disinggung oleh adanya dugaan penyalahgunaan Dana Desa & Bumdes di Karawang oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab.

Ade menjelaskan “Dengan adanya isu  yang berkembang dilapangan, pihaknya akan segera menindaklanjutinya dengan mengundang semua pengurus Bumdes yang berasal dari 297 Desa.

Rencana undangan tersebut sebenarnya sudah lama diprogramkan,ungkapnya,namun sekarang agendanya disegerakan yakni tanggal 15 Agustus mendatang,tambah Ade.

Masih kata Ade,nanti pada saat pelaksanaan acara pihak BPMPD Kabupaten Karawang akan meminta susunan kepengurusan secara lengkap dan SK Bumdesnya Perdesa, selain akan dipertanyakan aktivitas Bumdes selama ini.
Karena Bumdes sendiri bukan hanya atau teroreintasi simpan-pinjam belaka,tegasnya. (PK,RBI248,Red)


BERITA REKOMENDASI :


Sumber : Peka

Posting Komentar

0 Komentar