HEADER Iklan tEST

Besok, Ribuan Peserta Se-Indonesia Meriahkan Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Konferensi pers Festival Kemerdekaan di Bandung (RBI)
Radar Bharindo, Bandung ~ Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 siap digelar di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2017) besok. 2.500 peserta dari seluruh Indonesia akan memeriahkan karnaval puncak HUT ke 72 RI tersebut.

Ketua Panitia Bulan Nasional Kemerdekaan Republik Indonesia Pratikno mengatakan, karnaval yang akan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

"Jadi besok penutupnya (perayaan HUT RI) gongnya di Bandung," kata Pratikno dalam konferensi pers di Bandung, Jumat (25/8/2017).

Ia berharap kegiatan itu akan berlangsung meriah. Apalagi dilihat dari jumlah peserta angkanya sangat banyak yaitu mencapai 2.500 orang. Di sisi lain, masyarakat juga diharapkan larut dalam kebahagiaan karnaval.

Kepala Staf Kepresiden Teten Masduki mengungkap alasan dipilihnya Kota Bandung menjadi lokasi karnaval kemerdekaan tahun ini. Sebab, Bandung kaya akan beragam hal, mulai dari kreativitas, kuliner, musik, hingga budaya.

"Mudah-mudahan dengan dikurasi seniman Bandung, peserta dan kegiatan karnaval di Bandung ini akan lebih meriah," ungkapnya.

Teten pun menekankan makna penting dari perayaan tersebut. Menurutnya, karnaval itu jadi ajang untuk menampilkan kebhinekaan Indonesia. Di saat yang sama, karnaval jadi ajang kebersamaan warga untuk menikmati dan merayakan kemerdekaan.

Agar semakin meriah, ia mengajak warga untuk berbondong-bondong menyaksikan karnaval. Sebab, acara itu adalah untuk masyarakat, bukan untuk para pejabat. "Kita harapkan semua turun besok, kita rayakan kemerdekaan dengan sukacita," ajaknya.

Tidak hanya itu, agar semakin meriah, ia mengimbau warga yang datang juga datang dengan pakaian daerah atau keunikan lainnya.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan penunjukkan Kota Bandung sebagai lokasi karnaval kemerdekaan adalah sebuah berkah. "Ini durian runtuh untuk Kota Bandung, durian runtuh yang datangnya mendadak, baru diberitahu minggu lalu," tutur RK, sapaan akrabnya.

Meski mendadak, persiapan yang dilakukan menurutnya sudah maksimal. Sebab, di Bandung menurutnya sudah terbiasa mengerjakan proyek 'sistem kebut semalam'. "Sudah mah sangkuriang, sambil sulap," cetusnya.

"Tapi kami sudah sangat siap. Pengamanan personel 4 ribu orang dari TNI/Polri. Ini agak unik karena Presiden ikut jadi peserta karnaval. Target penonton 50 ribu orang, bisa dua kali lipat kalau situasi memungkinkan," jelas Kang Emil.

Sementara dari seluruh peserta karnaval, salah satu yang akan jadi perhatian adalah domba Garut. Domba-domba itu akan jadi peserta untuk menambah kemeriahan acara.

"Yang istimewa, tidak hanya manusia yang ikut karnaval, tapi hewan juga, domba Garut. Itu akan jadi mungkin menurut saya akan paling mencuri perhatian," papar Ridwan Kamil. (RBI 249,Red)


Sumber : Okezone.com

Posting Komentar

0 Komentar