HEADER Iklan tEST

Netizen "Bully", Tema HUT Karawang dan Tournamen Golf Pejabat Karawang

Gambar Tema hari Ulang Tahun Kabupaten Karawang "Campernik" (Photo: Kominfo)
Radar Bharindo, Karawang ~ Siapa sangka jika tema HUT Karawang yang ke 384 tahun yang bertepatan pada 14 September 2014 kemarin malah jadi bahan bully netizen atau warga media sosial (medsos) di Karawang. Pasalnya, tema HUT Karawang Campernik (Cageur, Aman, Merenah, Pinter, Endah, Rancage, Nyongcolang, Itikurih, Karaharjaan) dianggap copy paste dari slogan Kabupaten Sumedang.

Terlebih, dalam rangkaian HUT Karawang tersebut tertera kegiatan tournamen golf para pejabat Karawang yang dianggap tidak memiliki rasa "empaty" terhadap budaya, kesenian serta beberapa permainan tradisional anak-anak di Karawang.

Dari mulai rangkaian kegiatan Karawang sejak 8 sampai 28 September 2017 tersebut, warga medsos, aktivis, pemerhati sampai dengan beberapa seniman di Karawang terus melontarkan tanggapan negatif melalui akun medsos Facebook kegiatan tournamen golf pejabat dan terhadap tema Campernik Karawang tersebut.

Salah satu tanggapan negatif muncul dari seorang seniman dan budayawan Karawang dengan nama akun Facebook "Bapung Aing". Yaitu dimana salah seorang seniman Karawang ini menuliskan status facebook, "Hayang seuri maca tema HUT Karawang nu ka 384 nyaeta CAMPERNIK. Asa dipaksakeun pisan, parangsana Rahayat Karawang butuh JARGON doang meureun. Tempo geura euy ka handap ulah tanggah wae ka sadapan kudu bisa tungkul ka jukut,".


Berdasarkan pantauan Radar Bharindo, status akun Facebook ini mendapatkan 503 like dari warga medsos Karawang, dan mayoritas komentar yang muncul bernada negatif. Salah satu komentar datang dari pengguna akun facebook "Muttaqien" yang menuliskan komentar sebagai berikut :

"Unggal taun ge tibang mancing jeung pawei barongsay.
Eweuh weh hiburan nu di suguhkeun ka lembur2, bahkan sebagian besar rakyat Karawang teu apal iraha HUT Karawang teh. Mancing gratis nu disebar setiap kecamatan eta hanyalah suguhan bagi para penghobi mancing..!!!!!!!!!".

Tanggapan dan komentar negatif lainnya juga muncul dari seniman dan budayawan Karawang, Nace Permana. Yaitu dimana Ketua Lodaya Karawang ini sempat menyindir di beberapa media lokal bahwa tema HUT Karawang "Campernik" ini terkesan copy paste dari kabupaten lain. Pasalnya, tema Campernik merupakan slogan dari Kabupaten Sumedang. Nace sendiri mengaku sangat menyayangkan, jika dimana tema HUT Karawang sama sekali tidak mencerminkan Karawang sebagai "Kota Pangkal Perjuangan".

Selain itu, Nace juga menyayangkan jika kegiatan HUT Karawang dari tahun ke tahun selalu bersifat monoton. Yaitu dimana kegiatannya selalu bersifat seremonial dan hanya menyuguhkan hiburan berupa pawai atau karnaval, serta kegiatan mancing gratis yang belum tentu dirasakan oleh masyarakat Karawang kalangan menengah ke bawah.

Para pejabat dan wakil rakyat Karawang tengah bernyanyi dan
 bergembira ria dengan penyanyi Charly Houten di gedung
sidang paripurna DPRD Karawang pada Kamis (14/9).
Terlebih Nace juga menyindir adanya hiburan "nyanyi-nyanyi" dari artis Charly Van Houten di ruang rapat sidang paripurna DPRD Karawang di kesempatan sidang paripurna pada Kamis (14/9). Padahal menurutnya, ruang rapat sidang paripurna seharusnya hanya diperuntukan bagi kegiatan-kegiatan wakil rakyat Karawang yang bersifat sakral.


Dan Nace juga menyayangkan adanya kegiatan tournamen golf di rangkaian HUT Karawang. Yaitu dimana kegiatan tersebut diduga hanya sebatas kegiatan hiburan yang diperuntukan bagi para pejabat Karawang yang selama ini tergabung dalam group golf pejabat Karawang. "Dari pada golf, mendingan main gatrik saja," sindir Nace. (Adk,RBI 248)

Posting Komentar

0 Komentar