HEADER Iklan tEST

27 Parpol Daftar Pemilu 2019, 17 Parpol Berkasnya Belum Lengkap

Kotak Suara Baru KPU (Foto: Antara/Reno Esnir)
Radar Bharindo,Jatim ~ Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2019 pada Senin,(16/10) pukul 24.00 WIB. Dari 73 parpol yang terdata di Kemenkumham, ada 31 parpol yang mengisi data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Namun dari 31 yang mengisi data di Sipol, ternyata hanya 27 yang resmi mengajukan pendaftaran ke KPU RI. "Total sampai dengan tanggal (16/10) kemarin, ada 27 parpol sudah mendaftar, sementara 4 sisanya tidak mendaftar," ucap Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jakarta, Selasa (17/10).

Arief merinci, sebanyak 27 parpol itu, hanya 10 parpol yang dinyatakan sudah lengkap dokumen persyaratannya sehingga bisa dilanjutkan ke tahap verifikasi. Yaitu Perindo, PKS, PAN, Golkar, Hanura, PSI, PDIP, Nasdem, Gerindra dan PPP.

"Sementara 17 parpol status mendaftar masih dalam proses pemeriksaan dokumen perlengkapan," jelas Arief.

Arief menjelaskan, bahwa proses pemeriksaan dokumen perlengkapan parpol akan diperpanjang sampai dengan hari ini pukul 24.00 WIB. Lebih dari itu, KPU sudah menutup semua proes penambahan berkas perlengkapan bagi 17 parpol yang berkasnya masih kurang.

"Bagi parpol yang nantinya ditemukan adanya kekurangan dokumen perlengkapan seperti KTP dan juga KTA, otomatis akan gugur dan tidak dapat mengikuti pemilu pada 2019," ucap Arief.

Recananya jika tidak ada halangan dan proses pemeriksaan dokumen parpol sudah selesai, besok KPU akan mempublikasikan akses Sipol kepada publik agar masyarakat tahu bagaimana proses pendaftaran parpol di KPU selama ini berjalan.

"Jika tidak ada hambatan, KPU akan mempublikasikan akses Sipol kepada publik agar masyarakat tahu bagaimana proses pendaftaran parpol ke KPU yang baik dan transparan," tutur mantan Ketua KPU Jawa Timur itu. (Kum, Red)

Sumber : Kumparan

Posting Komentar

0 Komentar