HEADER Iklan tEST

Kapal Dharma Kencana II Terbakar di Karimunjawa, Tenggelam Beserta Puluhan Kendaraan.

Kapal Dharma Kencana II dikabarkan terbakar di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Seluruh penumpang dinyatakan selamat, Minggu (29/10/2017).

Video amatir "Detik-detik terbakarnya KM Dharma Kencana II"

Radar Bharindo,Jepara ~ Kapal Dharma Kencana II terbakar di perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017) pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Siang ini, seluruh penumpang berjumlah 119 jiwa sudah berhasil dievakuasi dengan selamat oleh tim gabungan yang meluncur menggunakan 10 armada kapal.

"Seluruh penumpang selamat dan dipindahkan ke Kapal Kirana I. Ratusan penumpang itu diarahkan ke pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah. Tim penyelamat dari unsur TNI, Polri, Pelni dan Sar," terang Kepala Humas Basarnas Jateng, Zulhawary Agustianto, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/10/2017).

Dijelaskan Zulhawary, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran kapal bertipe Roro Ship yang memiliki panjang 83 meter tersebut nyaris ludes terbakar dan tenggelam berikut 46 unit kendaraan yang diangkut.

Evakuasi kendaraan tidak sempat dilakukan karena api sudah berkobar. Meski demikian tak ada korban jiwa," kata Zulhawary saat dihubungi via telpon, Minggu 29/10/17.

Sebanyak 46 unit kendaraan tersebut terdiri dari 20 unit kendaraan golongan II, 8 unit kendaraan golongan III, 1 unit kendaraan golongan IV dan 17 unit kendaraan golongan V.

"Kronologi dan penyebab kebakaran belum diketahui. Kami masih fokus pada penyelamatan," kata Zulhawary.

Untuk diketahui, Kapal Dharma Kencana II dikabarkan terbakar di perairan? Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017) pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Kapal yang diketahui mengangkut 119 penumpang serta 46 unit kendaraan berbagai jenis itu semula berangkat dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan Pontianak, Kalimantan, Sabtu (28/10/2017) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Kepala Humas Basarnas Jateng, Zulhawary Agustianto, membenarkan, musibah kebakaran yang dialami Kapal Dharma Kencana II. Kebakaran, sambung dia, dilaporkan terjadi pada posisi 47 NM, timur laut Karimunjawa.

"Benar kebakaran dialami Kapal Dharma Kencana II yang mengangkut ratusan penumpang. Tidak ada korban jiwa dan hingga siang ini dalam proses evakuasi," kata Zulhawary saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/10/2017).

Kapolres Jepara, AKBP Yudianto Adi Nugroho, mengatakan, setelah memperoleh informasi perihal terjadinya kebakaran kapal, berbagai pihak termasuk kepolisian langsung merespon untuk melakukan evakuasi.

"Setelah memperoleh informasi, Polair dan kapal penyelamat langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian. Kronologi belum diketahui," kata dia. (Kom,Red)

Sumber :  Kompas.com

Posting Komentar

0 Komentar