HEADER Iklan tEST

Karawang Darurat Miras !!! “10 Meninggal dan 6 Kritis, Akibat Pesta Miras Oplosan”

Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam bersama Dandim 06/04 Karawang dan Ketua DPRD Karawang, saat melakukan konferensi pers dengan tersangka penjual miras oplosan. (Photo Adk)                    
Radar Bharindo,Karawang ~ Sedikitnya 10 orang meninggal dunia dan 6 kritis akibat menenggak minuman keras (miras) oplosan. Pelaku penjual miras oplosan sendiri diketahui bernama Bandi (40), warga Babakan Ngantai RT 02/01 Desa Duren, Kecamatan Klari-Karawang.

Kapolres Karawang, AKBP Ade Ary Syam mengatakan, akibat kejadian ini Karawang bisa dikatakan sebagai “Darurat Miras”, akibat minimnya perhatian orangtua. Dari 10 orang meningal dunia dan 6 kritis ini, sambung Kapolres, semuanya merupakan korban miras oplosan dengan kadar alkohol 90 persen yang dicampur dengan autan atau lotion obat nyamuk.

“Minuman alkohol dicampur sitrum, gula, asam dan pemanis. Ada juga merek tertentu dicampur autan, lotion nyamuk. Kita akan proses tersangka, kita jerat pasal 204 KUHP dan UU perlindungan konsumen. Karena dia terbukti patut diduga dan patut disangka menjual barang yang membahayakan nyawa orang lain,” tutur Kapolres, saat melakukan konferensi pers, Rabu (4/10).

Ditambakan Kapolres, korban yang saat ini kritis juga akan kita periksa. Atas kejadian ini, masih dikatakan Kapolres, pihak kepolisian berharap agar kejadiaan ini menjadi tanggungjawab bersama, khususnya para orangtua dalam mengawasi pergaulan anak-anaknya. “Jangan sampai ini terjadi lagi. Apalagi di Karawang ada Perda Miras yang sudah melarangnya,” timpal kapolres.

Dikatakan Kapolres, dalam 2 hari terakhir ini pihak kepolisian langsung melakukan razia miras. Yaitu dimana 2.400 botol miras berhasil diamankan dan langsung dimusnahkan. “Tersangka terancam UU perlindungan konsumen dengan ancaman 5 tahun penjara. Dan Pasal 24 KUHP dengan ancaman 15 tahun, maksimal seumur hidup,” tanadasnya.

Untuk diketahui, para korban miras oplosan ini sendiri melakukan pesta miras di Kawasan Tamelang RT 08/04 Desa Mekarjaya, Kecamatan Purwasari-Karawang. Adapun 10 nama korban meninggal dunia akibat miras oplosan ini adalah sebagai berikut :
1.      Shohiq (18 tahun)
2.      Aham Yusuf (22 tahun)
3.      Kadi (20 tahun)
4.      Tajudin (21 tahun)
5.      M. Agus Maulana (21 tahun)
6.      Deni Somantri (18 tahun)
7.      Asep Suherman
8.      Safudin (37 tahun)
9.      Surya (17 tahun)
10.  Feri (17 tahun).

(Adk,RBI 248)

Posting Komentar

0 Komentar