HEADER Iklan tEST

Menkeu: Anggaran Dana Desa Banyak Yang Disalahgunakan


Salah satu kesalahan penggunaan Dana Desa adalah menyewa pihak ketiga dalam pembangunan.
Seharusnya dilakukan secara swakelola, atau mempekerjakan masyarakat desa itu sendiri.
Radar Bharindo,Jakarta  ~ Pemerintah pusat telah menyiapkan Dana Desa sebesar Rp 60 triliun. Anggaran tersebut bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan di berbagai daerah yang tingkat kemiskinannya masih tinggi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui banyak pemerintah daerah menyalahgunakan Dana Desa.
Karena itu Sri Mulyani akan berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk mencegah terjadinya penyelewengan anggaran desa.

"Ada belanja Dana Desa yang dilakukan di luar yang telah dianggarkan," ujar Sri Mulyani Indrawati di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa (30/10/2017).


Sri Mulyani menyebut salah satu kesalahan penggunaan Dana Desa adalah menyewa pihak ketiga dalam pembangunan. Padahal Sri Mulyani berharap anggaran tersebut digunakan oleh masyarakat setempat untuk membangun wilayahnya.

"Pekerjaan yang seharusnya dilakukan secara swakelola, atau mempekerjakan masyarakat desa itu sendiri ternyata dilakukan oleh pihak ketiga," ungkap Sri Mulyani.

Mantan Managing Director Bank Dunia itu diberikan pesan Presiden untuk memeriksa kembali semua penggunaan dana desa. Sehingga tujuan pemberian anggaran tepat sasaran.
"Presiden meminta kepada seluruh kepala daerah melihat secara teliti, penyaluran dana desa menghadapi berbagai macam persoalan," kata Sri Mulyani. (Tri,Red)

Berita Terkait Dana Desa :



Sumber : TribunNews.com 

Posting Komentar

0 Komentar