HEADER Iklan tEST

Parlemen Catalunya Nyatakan Merdeka dari Spanyol

Catalunya merdeka dari Spanyol (Foto: REUTERS/Yves Herman)
Radar Bharindo, ~ Parlemen regional Catalunya mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol, Jumat (27/10).
Usulan untuk merdeka ini disetujui oleh mayoritas suara parlemen Catalunya: 70 menyetujui kemerdekaan, 10 orang menolak merdeka, sementara dua surat suara kosong. Dalam mengumumkan kemerdekaan ini, Catalunya menyatakan bahwa dirinya merupakan sebuah negara yang independen, merdeka, dan berbentuk negara  demokratis.


Catalunya juga menyerukan kepada negara-negara di dunia untuk segera mengakui kemerdekaan negara tersebut.

Meski begitu, kemungkinan besar pengumuman oleh Parlemen Catalunya ini akan dinyatakan ilegal oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol. Tak hanya sampai di situ, pengumuman kemerdekaan Catalunya ini juga kemungkinan besar tidak akan diterima oleh komunitas internasional.

Di saat yang sama, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy menyerukan agar masyarakat tetap tenang semua akan ditangani sesuai hukum.

"Langkah-langkah luar biasa hanya akan dilakukan apabila cara lain sudah tak mungkin lagi," ucap Rajoy. "Tak ada langkah lain selain menghadapi peristiwa ini sesuai hukum."

"Kami kini menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di sepanjang sejarah kami," pungkasnya, menjanjikan tak ada kekerasan akibat peristiwa ini. (Kum,Red)


Sumber : Kumparan.com

Posting Komentar

0 Komentar