HEADER Iklan tEST

Ternyata Ini Penyebab Bentroknya LSM di Pelataran Resto Cafe Dewi Air

Pelataran Resto & Cafe Dewi Air, dijalan Interchange Karawang Barat lokasi terjadinya kerusuhan LSM Rabu 12/10/17.
Radar Bharindo, ~ Awalnya sempat tersiar kabar jika bentrok antar anggota LSM di depan Cafe dan Resto Dewi Air Jln. Interchange Tol Karawang Barat ada kaitannya dengan persoalan PDAM Tirta Tarum.
Namun berdasarkan penelusuran Radar Bharindo, ternyata bentok antar LSM tersebut murni karena persoalan perebutan pengelolaan limbah di PT. Daihatsu di Kawasan Industri Suryacipta.

Salah seorang narasumber berinisial (JI) menuturkan, awalnya ia juga mencurigai jika bentrok antar LSM tersebut ada kaitannya dengan persoalan PDAM Tirta Tarum. Karena alasan salah satu LSM yang bentrok baru saja melakukan aksi demonstrasi di kantor Bupati Karawang untuk mendesak pencopotan jabatan Plt Dirut PDAM Tirta Tarum Karawang, Yogie Patriana Alsyah.

“Tadinya saya kira ada hubungannya dengan persoalan PDAM. Karena awalnya saya menduga LSM satu mendukung Yogie dan LSM yang lainnya justru menuntut pencopotan jabatan Yogie di PDAM. Tapi ternyata dugaan itu salah. Ini murni karena persoalan limbah di kawasan,” tuturnya, kepada Radar Bharindo, Kamis (12/10).

Kembali berdasarkan penelusuran Radar Bharindo, inilah kronologis bentrok LSM yang berujung pada pengrusakan 5 kendaraan mobil dan 2 kendaraan sepeda motor milik LSM Buas :

Pada Kamis (12/10), sekitar pukul 13.30 WIB di depan Cafe dan Resto Dewi Air Jln. Interchange Tol Karawang Barat, telah terjadi pengrusakan kendaraan 5 mobil dan 2 sepeda motor milik LSM Buas yang sedang terparkir di halaman parkir Dewi Air. Pengrusakan ini sendiri dilakukan oleh Aliansi LSM dan Ormas yang terdiri dari GMBI, Laskar NKRI, Gibas Cinta Damai dan BPPKB Banten. 

Baca :Usai Berunjukrasa di Pemda, Kelompok Massa (LSM) ini Bentrok di Interchange Karawang Barat

Sekitar pukul 13.00 WIB, sekitar 50 orang anggota LSM Buas memang baru saja selesai beraudensi di kantor Pemda Karawang setelah melakukan aksi demonstrasi soal PDAM Tirta Tarum. Kemudian 50 anggota LSM tersebut melakukan makan siang di depan Cafe dan Resto Dewi Air.

Sekitar pukul 13.30 WIB, dari arah Grand Taruma datang kelompok Aliansi LSM dan Ormas sekitar 1.000 orang yang akan menuju PT. Daihatsu Kawasan Industri Suryacipta. Tiba-tiba saja Aliansi LSM tersebut langsung melakukan penyerangan dan pengrusakan kepada kelompok LSM BUAS yang sedang duduk di parkiran. Karena alasan kalah jumlah, anggota LSM BUAS tidak melakukan perlawanan saat aksi pengrusakan terjadi.

Sekitar pukul 13.50 WIB, setelah selesai melakukan aksi pengrusakan, kelompok Aliansi LSM dan Ormas ini langsung melanjutkan perjalanan menuju Kawasan Industri Suryacipta. Dan sekitar pukul 14.00 WIB, Aparat Polres Karawang tiba di lokasi dan langsung melakukan garis police line di lokasi kejadian. Akibat kejadian ini, sedikitnya 5 unit mobil milik LSM Buas mengalami kerusakan parah, serta 2 sepeda motor di bakar. Beruntung tidak ada korban dalam bentrok LSM ini.

Aksi penyerangan ini sendiri dilatarbelakangi adanya indikasi perebutan pengelolaan limbah di PT. Daihatsu. Pasalnya LSM BUAS bukan termasuk kelompok Aliansi LSM dan Ormas. Melainkan masuk ke kelompok LSM dan Ormas Barak, KPMP, Banaspati dan Pena yang sedang mempermasalahkan pengelolaan limbah di PT. Daihatsu.


Atas persoalan perebutan pengelolaan limbah inilah yang menjadi latar belakang bentrok LSM ini. Sampai sejauh ini penanganan bentrok antar LSM ditangani langsung oleh Polres Karawang. (Adk,RBI 248)

Posting Komentar

0 Komentar