HEADER Iklan tEST

Kementan dan TNI AD Sulap 150.959 Ha Lahan Terlantar Jadi Sawah


Radar Bharindo,Jakarta ~ Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatat sejak dijalankan tahun 2015 hingga kuartal II-2017, program cetak sawah milik Kementerian Pertanian (Kementan) bersama TNI Angkatan Darat (AD) telah menyulap lahan terlantar milik masyarakat seluas 150.959 hektare menjadi sawah.

Wakil Ketua BPK Rizal Djalil mengatakan, program kerja yang dijalankan TNI tersebut sejak 2015 hingga kuartal II-2017 telah memakan anggaran sebesar Rp 2,6 triliun dari total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 4,1 triliun.

“Sejak dijalankan pada tahun 2015, program ini berjalan sangat baik. Dengan masuknya TNI, semakin nyata dan semakin konkrit capaian pencetakan sawah,” ucap Rizal di Kantor Kementan, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

Dia pun mengapresiasi kerja sama Kementan dengan TNI AD yang telah terjalin sejak 2015 tersebut. Sebab sebelumnya saat Kementan bergerak sendiri, program cetak sawah yang dikerjakan tak berjalan optimal.

“Ini program terobosan di bidang pangan. Sesuai hasil audit kami, tidak ada peraturan yang dilanggar sesuai Peraturan Presiden nomor 54/2010 tentang pengadaan barang dan jasa,” paparnya.

Kepala Staf TNI AD Mulyono menjelaskan, dalam program cetak sawah, seluruh pihak diharap maklum apabila di awal alih fungsi lahan itu, kegiatan bercocok tanam belum dapat berjalan maksimal. Sebab harus terdapat penyesuaian karakteristik tanah.

“Dari tanah biasa seperti tanah hutan diubah menjadi sawah itu butuh waktu, karena ada perbedaan karakteristik tanah. Butuh waktu 3 tahun untuk penyesuaian,” jelasnya. (Kum,Red)

Sumber : Kumparan.com

Posting Komentar

0 Komentar