HEADER Iklan tEST

Sinyal dari Atlantik Bukan dari Kapal Selam Argentina yang Hilang

Kapal Selam ARA San Juan, ARA Salta dan ARA Santa Cruz (Foto: AFP PHOTO / TELAM AND ARGENTINA'S DEFENSE MINISTRY)
Radar Bharindo, ~  Angkatan Laut (AL) Argentina menyatakan suara yang terdengar dari Lautan Selatan Atlantik bukan dari kapal selam ARA San Juan yang hilang hampir sepekan.


Suara tersebut sempat diyakini berasal dari ARA San Juan. Sebab, sinyal itu muncul dari area kapal selam Argentina terakhir kali menjalin kontak sebelum hilang.

Menurut Juru Bicara AL Argentina Enrique Balbi, setelah mereka menyelidiki sangat tidak mungkin suara itu berasal dari kapal selam buatan Jerman tersebut.

"Suara itu tidak sesuai dengan pola konsisten dalam sandi morse," ucap Balbi seperti dikutip dari Reuters, Selasa (21/11).

Dia menambahkan, suara yang terdeteksi tersebut sifatnya konstan dan terus menerus. Sama sekali berbeda dengan pesan sandi morse yang biasa dikirim untuk menujukan lokasi.

Upaya pencarian pun dipastikan tidak mudah. Cuaca buruk menjadi salah satu penghalang untuk menemukan kapal selam yang mengangkut 44 orang kru tersebut.

Demi mencari ARA San Juan, puluhan kapal dan pesawat dikerahkan Argentina. Operasi SAR tersebut juga mendapat bantuan dari beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Chile dan Brasil. (Kum,Red)


Sumber : Kumparan.com 

Posting Komentar

0 Komentar