HEADER Iklan tEST

Cempaka Berlalu, Siklon Tropis Dahlia Ancam Indonesia

Banjir disertai longsor terjang Pacitan, hingga menewaskan 5 Orang (27/11)
“Masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaannya menghadapi cuaca ekstrem. Hujan deras, angin kencang dan gelombang tinggi berpotensi terjadi. Ancaman banjir, longsor dan puting beliung meningkat”.
Radar Bharindo, ~ Badai belum berlalu. Setelah siklon tropis Cempaka, kini beberapa wilayah di Indonesia dalam ancaman siklon tropis Dahlia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, siklon tropis Dahlia terdeteksi di Barat Daya Bengkulu, lahir Rabu (29/11) pukul 19.00 WIB.

Adanya siklon tropis Dahlia itu diprediksi akan berdampak pada peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang, maupun potensi kilat atau petir di beberapa wilayah di Indonesia.

Siklon tropis yang berada pada posisi 8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km sebelah Selatan Bengkulu) dengan pergerakan ke arah Tenggara menjauhi wilayah Indonesia.

Selain Jabar, hujan lebat dan angin kencang diprediksi terjadi di pesisir Barat Sumatera Barat hingga Lampung, Banten dan DKI Jakarta.

Sementara gelombang laut dengan ketinggian 2.5-4.0 meter akan terjadi di Perairan Kepulauan Nias, Perairan Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai.

Gelombang laut dengan tinggi 4 sampai 6 meter di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

Kepala BPBD Jabar Dicki Saromi menyebut, pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi adanya korban jiwa.

"Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh anggota BPBD di Kabupaten Kota untuk siaga dan standby," ujarnya saat dihubungi, Kamis (30/11).

Setiap anggota BPBD pun diinstruksikan untuk berkoordinasi dengan pemerintah dan instansi terkait.

"Kami juga imbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di daerah rawan bencana, termasuk nelayan. Kami imbau untuk tidak melaut dulu," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menerangkan, diperkirakan akan tetap terjadi hujan deras dengan intensitas 50 milimeter per hari dan atau angin kencang dengan kecepatan lebih dari atau sama dengan 50 kilometer per jam.

"Potensi hujan lebat dan angin kencang ini akan terjadi mulai dari pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian Selatan, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian Selatan. Termasuk juga potensi angin kencang dengan kekuatan 20 knot di daerah yang sama," tuturnya dalam keterangan tertulis.

Masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaannya menghadapi cuaca ekstrem. Hujan deras, angin kencang dan gelombang tinggi berpotensi terjadi. Ancaman banjir, longsor dan puting beliung meningkat. (Rnd,Red)


Sumber : Merdeka.com

Posting Komentar

0 Komentar