HEADER Iklan tEST

Kapal Selam Australia yang Hilang Sejak Perang Dunia I Ditemukan

HMAS AE1, kapal selam australia (Foto: Wikimedia Commons)
"Setelah 103 tahun, misteri tertua angkatan laut Australia akhirnya terpecahkan," kata Payne di Sydney.
Radar Bharindo,Australia  ~ Kapal selam Australia yang hilang sejak Perang Dunia I akhirnya ditemukan di dasar laut Papua Nugini. Selama lebih dari 100 tahun, hilangnya kapal selam ini jadi misteri terbesar Angkatan Laut Australia.

Menteri Pertahanan Australia Marise Payne dalam pernyataannya, Kamis (21/12), mengatakan kapal selam HMAS AE1 ditemukan di kedalaman lebih dari 300 meter di laut dekat kepulauan Duke of York, Papua Nugini.

Kapal selam yang berisi 35 kru dari Australia, Inggris, dan Selandia Baru itu hilang di perairan tersebut pada 14 September 1914. Ini adalah kapal selam sekutu pertama yang hilang saat perang.

Payne mengatakan, kapal selam ini ditemukan oleh kapal berteknologi radar canggih Fugro Equator, yang juga disewa Australia untuk mencari pesawat Malaysia Airlines MH370. Ini adalah pencarian ke-13 untuk kapal selam tersebut.

"Setelah 103 tahun, misteri tertua angkatan laut Australia akhirnya terpecahkan," kata Payne di Sydney.

HMAS AE1, kapal selam australia (Foto: navy.gov.au)
HMAS AE1 berangkat dari Portsmouth, Inggris, pada Februari 1914 dan tiba di Sydney pada Mei. Kapal selam ini tergabung dalam operasi merebut Jerman Nugini.

Setelah ditemukan, Payne mengatakan penyidik akan mencari tahu penyebab pasti kapal selam itu karam. (Kum,Red)


Sumber : Kumparan.com

Posting Komentar

0 Komentar