HEADER Iklan tEST

Presiden Jokowi Resmi Lantik Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Panglima TNI

Pelantikan Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. (Foto: Yudhistira Amran)
"Dengan Rahmat Tuhan YME menimbang, memutuskan dan seterusnya, kesatu, memberhentikan dengan hormat Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI disertai ucapan terima kasih atas jasa-jasanya terhadap Bangsa Indonesia. Kedua mengangkat Marsekal Hadi Tjahjanto. Ketiga, keputusan Presiden RI mulai berlaku sejak pelantikan pejabat,"
Radar Bharindo,Jakarta ~ Setelah melalui serangkaian tahapan, akhirnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pukul 17.10 WIB.

Pantauan wartawan di lokasi, Jumat (8/12), Jokowi memasuki Istana Negara sekitar pukul  17.00 WIB bersama Ibu Negara Iriana Widodo dan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla serta Megawati Soekarnoputri.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Sekretaris Militer Presiden Marsma Trisno Hendradi membacakan Keputusan Presiden No. 83 TNI Tahun 2017 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI, ujar Trisno Hendradi.

Jokowi dan Jusuf Kalla di pelantikan Hadi. (Foto: Yudhistira Amran)
Setelah itu, Jokowi mengambil sumpah Hadi Tjahjanto.
"Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya, untuk diangkat pada jabatan ini. Baik langsung maupun tidak langsung. Dengan rupa atau dalih apapun juga. Tidak memberi atau menyanggupi. Akan memberi sesuatu kepada siapapun juga. Bahwa saya, tidak akan menerima hadiah, atau suatu pemberian berupa apa saja dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya. Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujar Hadi saat bersumpah di depan Jokowi.

Setelah pengambilan sumpah, Presiden mencopot tanda pangkat Hadi sebagai KSAU. Setelah itu, dilakukan sumpah jabatan Panglima TNI dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan Panglima TNI. Selanjutnya, Presiden Jokowi diikuti dengan Iriana, Wapres JK serta Mufidah memberikan ucapan selamat dan diikuti oleh tamu undangan lainnya.

Istri Hadi, Nanik Istumawati Tjahjanto mengaku senang suaminya sudah resmi menjadi Panglima TNI. "Senang dan banggalah," ujar Nanik semringah di lokasi pelantikan.

Pelantikan dihadiri sejumlah tokoh parpol dan pejabat negara seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri BUMN Rini Soemarno, Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
Tampak pula Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono, serta Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi.
Hadir juga sejumlah anggota DPR seperti Syaifullah Tamliha, Effendy Simbolon hingga Charles Honoris.  (Kum,Red)


Sumber : Kumparan.com

Posting Komentar

0 Komentar