HEADER Iklan tEST

Strategi Polri Cegah Konflik Pilkada

Kapolri Tito Karnavian (Photo : Net)
Radar Bharindo,Jakarta  ~ Polisi menyiapkan antisipasi khusus untuk menghadapi daerah rawan konflik selama pilkada serentak 2018. Salah satu yang dipersiapkan ialah dengan menyisihkan anggaran kesehatan untuk mendinginkan konflik di daerah-daerah tersebut.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian telah menugaskan kepada jajaran Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) agar menyisihkan kelebihan anggaran dari Badan Layanan Umum (BLU) untuk Operasi Bakti Kesehatan.

"Jadi ada anggaran khusus dari kedokteran Pusdokkes dan juga di daerah-daerah, ini untuk melakukan operasi bakti kesehatan," kata Tito di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12).

Nantinya operasi ini akan digelar secara paralel dengan operasi pembinaan masyarakat (binmas) dari kesatuan Baharkam Polri. Namun demikian Polri akan mengerjakannya dengan lebih serius.

"Ini tolong dicadangkan betul sehingga setiap wilayah yang punya keuntungan, mereka menyisihkan sebagian untuk kesehatan operasi bakti sosial," ujar mantan Kapolda Papua ini.

Hal itu dinilai penting jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam, maka responnya cepat. Selain itu, anggaran tersebut dapat juga digunakan untuk mencairkan suasana di daerah-daerah yang rawan konflik. Sehingga kekisruhan yang terjadi tidak semakin panjang dan mudah diantisipasi.

"Nanti pilkada kita tahu ada daerah-daerah rawan konflik, nah di situ bakti sosial kita genjot habis-habisan untuk mendinginkan suasana. Nah inilah kira-kira cetak biru dari program pengembangan kedokteran kepolisian," tutur mantan Kepala BNPT tersebut. (Kum,Red)


Sumber :Kumparan.com 

Posting Komentar

0 Komentar