HEADER Iklan tEST

Kedutaan AS Diserang, Turki Tingkatkan Keamanan Sekitar Gedung

Kedutaan Besar AS di Ankara. ADEM ALTAN/AFP
Radar Bharindo, ~ Petugas Turki menahan dua orang terduga penembak pos keamanan di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Ibu Kota Ankara pada Senin (21/8). Tidak ada yang terluka dalam serangan itu.

Penyerang diketahui mengendarai kendaraan berwarna putih dan menembakkan enam peluru ke gerbang kedutaan sekitar pukul 05.30 atau sekitar 09.30 WIB, tiga peluru menghantam pintu besi dan jendela.

Dikutip dari Antara, kantor Gubernur Ankara menyatakan dua pria berusia 30 tahun ditahan dan satu kendaraan serta pistol disita. Mereka juga mengakui aksi penembakan itu.

Polisi masih melihat catatan kriminal kedua tersangka dan sedang menyelidiki jaringan kelompok mereka.

Peristiwa terjadi saat kedutaan tutup dalam libur Idul Adha.

Presiden Tayyip Erdogan melalui juru bicaranya mengatakan, mengutuk aksi tersebut. Penembakan terjadi saat ketegangan antara dua sekutu NATO itu atas penahanam pendeta AS di Turki.

"Ini jelas upaya untuk menciptakan kekacauan," kata juru bicara Erdogan, Ibrahim Kalin, di Twitter. "Turki adalah negara aman dan semua perwakilan asing dijamin hukum".

Kedutaan AS di Ankara dan konsulatnya di Istanbul pada sebelumnya menjadi sasaran serangan kelompok garis keras dan menciptakan teror.

Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan meningkatkan keamanan untuk kedutaan dan kantor serta karyawan lain Amerika Serikat di Turki.

"Kami memastikan kejadian keamanan di kedutaan AS pada pagi ini. Kami tidak memiliki laporan tentang orang cedera dan kami menyelidiki rinciannya," kata David Gainer, juru bicara kedutaan itu, "Kami berterima kasih kepada Polisi Nasional Turki untuk tanggapan cepat mereka."

Rekaman video dari penyiaran Haberturk menunjukkan polisi memeriksa salah satu pintu masuk ke kedutaan itu dan terlihat kerusakan akibat tembakan di satu jendela. Dikatakannya, peluru kosong ditemukan di tempat tersebut. (Frh)

Sumber : Merdeka.Com


Posting Komentar

0 Komentar