HEADER Iklan tEST

Kubah Lava Baru Muncul di Merapi, Warga diimbau Hindari Radius 3 Km

Erupsi Gunung Merapi (Net)
Radar Bharindo.Com, ~ Usai Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi dan Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta merilis adanya kubah lava baru di kawah Gunung Merapi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman meminta agar masyarakat tidak panik. Masyarakat diimbau agar tetap tenang, beraktivitas seperti biasa dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto menjabarkan dari rekomendasi BPPTKG disampaikan jika batas aktivitas warga dari puncak Gunung Merapi masih di radius 3 kilometer. Untuk itu pihaknya mengimbau agar warga memerhatikan radius aman tersebut.

"Kami terus melakukan pemantauan di lapangan. Agar rambu-rambu (rekomendasi dari BPPTKG) itu tidak dilanggar. Di antaranya dengan patroli bersama relawan dan petugas instansi terkait," ujar Joko, Senin (20/8).

Joko menerangkan pihaknya terus melakukan pemantauan di lapangan sejak letusan freatik yang terjadi di Gunung Merapi beberapa bulan yang lalu. Hingga saat ini, lanjut Joko, pemantauan terus dilakukan.

"Kami mengimbau masyarakat bijak bersikap terhadap kondisi terkini Merapi dengan kemunculan kubah lava baru. Masyarakat agar selalu menjaga kewaspadaan dalam beraktivitas. Harapan kami masyarakat proporsional dalam bersikap tapi tidak nyepelekke (menyepelekan). Karena munculnya kubah lava baru ini memang fase alami Merapi ketika ada peningkatan aktivitas," urai Joko.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Sumaida merilis munculnya kubah lava baru di kawah Gunung Merapi pada (18/8) lalu. Berdasarkan pantauan BPPTKG, kubah lava itu diketahui memiliki dimensi panjang sekitar 55 meter, lebar sekitar 25 meter, dan tinggi 5 meter.

"Munculnya kubah lava baru diperkirakan terjadi pada 11 Agustus 2018. Kemudian pada 12 Agustus 2018 foto yang diperoleh dari survei drone menunjukkan adanya material baru yang muncul di tengah rekahan kubah lava pasca 2010. Sabtu (18/8) petugas BPPTKG melakukan pengecekan langsung ke puncak Merapi, dan dipastikan bahwa terdapat kubah lava baru dengan dimensi panjang sekitar 55 meter, lebar sekitar 25 meter, dan tinggi 5 meter dari permukaan kubah 2010," tutup Hanik. (Cob)

Sumber : Merdeka.Com

Posting Komentar

0 Komentar