HEADER Iklan tEST

Pramuka Jabar Kirim 270 Anggota, Bantu Korban Gempa Lombok

Pramuka Kwarda Jawa Barat

Radar Bharindo ~ Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat mengirimkan sebanyak 270 orang anggota pramuka yang berasal dari kwartir cabang kabupaten/kota ke lokasi gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti diketahui, gempa bumi dengan kekuatan 7 skala richter lebih yang terjadi di Lombok Nusa Tenggara Barat beberapa hari lalu. Mengakibatkan ratusan korban jiwa dan luka luka. Berbagai bangunan pun rusak parah. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Senin (13/8) korban meninggal mencapai 436 orang.

Selain menyerahkan bantuan berupa uang, pakaian dan makanan yang dihimpun di Jawa Barat, mereka sekaligus akan membantu korban gempa dengan menyediakan makanan di bagian dapur umum dan pemulihan trauma healing kepada anak-anak.

"Kwartir cabang kirim 10 orang, jadi total sekitar 270 orang dua hari sejak gempa ke Lombok dibawah komando nasional. Biasanya, mereka membantu di dapur umum dan trauma healing," kata Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Saeful Bachri S.H, M.A.P di Soreang, Selasa (14/8/18).

Saeful Bachri S.H, M.A.P
Saeful mengatakan, tim yang dikirimkan merupakan didikan pramuka pada program Jabar Scout Rescue. Diharapkan, keberadaan mereka bisa berkontribusi membantu dan memulihkan kondisi korban gempa Lombok yang memakan ratusan jiwa menjadi korban meninggal dunia.

Saeful menambahkan, semua elemen pramuka di tingkat nasional, provinsi dan kota/kabupaten telah menghimpun dan mengumpulkan dana, pakaian dan makanan melalui program pramuka peduli. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan oleh pramuka dan karena terjadi gempa semua bantuan diarahkan ke Lombok.

Selain itu ia mengatakan, ditahun 2018 ini pramuka tengah memiliki tema yaitu berusaha bersama masyarakat menyatukan yang berbeda apalagi yang selama ini terpecah belah. "Harapan ke depan, anak-anak muda dibekali nilai kepramukaan," ujarnya.

Sumber ; IK


Posting Komentar

0 Komentar