HEADER Iklan tEST

Presiden Joko Widodo Pimpin Malam Renungan Suci di TMP Kalibata

Presiden Republik Indonesia "Joko Widodo". net
Jakarta - Presiden Joko Widodo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

Presiden bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tiba TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2018), pukul 23:54 WIB. Joko Widodo turut menjadi inspektur upacara dalam kegiatan tersebut.

Sejumlah pejabat negara, TNI-Polri, hingga masyarakat hadir dalam upacara tersebut. Upacara berlangsung khidmat dalam suasana yang gelap, hanya ada api obor yang menyala.

Dalam membaca renungan suci, Joko Widodo menyebut ada 9.951 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata. 

Disela-sela pidatonya, Presiden menyampaikan ; "Kami yang hadir hari ini Jumat 17 Agustus 2018 pukul 00.00 pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam ini sebanyak, TNI dan Polri 9.045 pahlawan, Badan Perjuangan 821 pahlawan, tokoh nasional 42 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan,".

Presiden turut mengenang para pahlawan yang jasad dan tempatnya yang tidak dikenali, yang berada di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan.

  • "Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," ujar Joko Widodo.


"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya," lanjutnya.

Upacara kehormatan kemudian ditutup dengan pembacaan doa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Efendy. 


Sumber : Detik.Com

Posting Komentar

0 Komentar