HEADER Iklan tEST

Ketua MPR : Di Pundak Peradi Masyarakat Berharap Merasakan Sila Kedua dan Kelima Pancasila

Ketua MPR Bambang Soesatyo saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Munas Peradi di Ancol, Jumat (28/2/2020). (Foto: WIldan Catra Mulia)
Radar Bharindo, Jakarta ~ Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Jumat(28/2/2020). Saat memberi sambutan, pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengatakan advokat merupakan profesi yang mulia.

Baca Juga :

Menurutnya advokat merupakan profesi yang membantu masyarakat dari kalangan miskin hingga kaya mencari keadilan. Bamsoet menyebut profesi lawyer membantu masyarakat merasakan sila kedua dan sila kelima dalam Pancasila.

"Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah karena berkat kerja saudara-saudara sekalian. Sebagai pembela hak-hak rasa keadilan masyarakat, di pundak bapak ibu masyarakat berharap bisa merasakan sila kedua dan kelima Pancasila," katanya.

Namun, Bamsoet menyebut advokat berhadapan dengan tantangan berat dalam industri 4.0 yang saat ini digencarkan oleh beberapa lembaga dan instansi di Indonesia. Bamsoet meminta Peradi tak tinggal diam dan membuat gebrakan agar tak ketinggalan zaman.

"Tantangan ke depan merupakan kemajuan teknologi yang harus diantisipasi oleh advokat, jangan kalah sama Mahkamah Agung, kemarin saya liat tampilannya sudah luar biasa," ujarnya.

Dia tak menampik profesi advokat saat ini juga terancam dengan kehadiran teknologi-teknologi terbaru. Oleh sebab itu Bamsoet mendorong Peradi berinovasi dan tak hanya melakukan kerja rutin.

"Saya bayangkan kalau sekarang sudah ada teknologi IT yang menyusun kontrak, itu advokat akan kalah. Jangan sampai kalah robot-robot yang bisa mematikan profesi kalian. Itu tantangannya," ucapnya. (IM/Red)


Sumber : iNews.id

Posting Komentar

0 Komentar