HEADER Iklan tEST

Paparan Radiasi Radioaktif Nuklir, 9 Warga Perumahan Batan Indah Diperiksa

Upaya pembersihan wilayah terpapar radiasi radioaktif nuklir di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Senin (17/2/2020). 
Radar Bharindo, Tanggerang ~ Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) melakukan pemeriksaan whole body counting (WBC) terhadap sembilan warga di wilayah paparan radiasi radiokatif nuklir di Perumahan Batan Indah, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama Batan Heru Umbara mengatakan, WBC akan dilakukan di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi, Kawasan Nuklir, Pasar Jumat, Jakarta Selatan. "Hari ini akan dilakukan pemeriksaan WBC kepada warga yang disampling Bapeten. Hasil dari pemeriksaan WBC ini diharapkan keluar setelah 2-3 hari," ujar Heru, Senin (17/2/2020).

Setelah keluar hasil pemeriksaan WBC baru akan diketahui apakah warga tersebut terkena dampak radiasi atau tidak kemudian pihaknya bisa mengambil langkah ke depan. "Agar pelaksanaan clean up dan pemeriksaan WBC berjalan lancar, warga tidak perlu khawatir karena kejadian ini telah ditangani pihak berkompeten. Warga juga diimbau bekerja seperti biasa," katanya.

Dalam melakukan clean up, pihaknya mengerahkan 28 orang yang dibagi dalam empat tim. Setiap tim bekerja selama satu jam kemudian diganti tim lainnya untuk mencegah paparan.


Pergantian kelompok saat clean up bertujuan membatasi jumlah dosis radiasi yang diterima pekerja supaya tidak melebihi batas yang ditentukan. "Ini untuk menjaga keselamatan para pekerja. Terkait terpaparnya pekerja sekitar 2-10 mikrosivert itu tidak ada gejala fisiknya. Itu masih normal karena batasannya 80 mikrosivert. Jadi, masih aman," ujar Heru. (HK/Red)


Sumber: Sindo.com

Posting Komentar

0 Komentar